Change Background of This Blog!

Selasa, 30 September 2014

Tugas Pengantar TIIK Agung Bachtiar


Nama: Agung Bachtiar S
NIM: 145150300111069

1.       Mekanisme Pembayaran Melalui Paypal:
  • Masuk ke akun Paypal anda, www.paypal.com (klik disini untuk mengetahui apa itu Paypal dan cara membuatnya).
  • Kalau sudah berada di dalam account Paypal, pada halaman utama terdapat lima tab, klik tab kedua diatas yang bertulisan “Send Money”.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email si penerima dana, jumlah yang akan dikirim, jenis mata uang, dan tipe pembayaran (apakah tipe belanja online atau pembayaran personal).
  • Klik “Continue” dan pada halaman selanjutnya semua informasi yang telah anda masukkan akan ditampilkan. Yakinkan data tersebut benar terutama jumlah yang akan dikirim dan alamat email si penerima.
  • Klik ‘Send Money’ dan selesai sudah. Anda akan mendapat email dari Paypal yang memberitahukan jika anda telah mengirim dana.
Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com/2009/11/cara-melakukan-transaksi-pembayaran-via.html
2.      Mekanisme Pembayaran Melalui Kartu Kredit:
3.       Memiliki hutang tagihan kartu kredit tentunya bukan sesuatu yang ingin dialami oleh semua orang. Untuk bisa menghindari hal ini, maka Anda harus paham sistem pembayaran kartu kredit.
4.       Setiap kali Anda menerima lembar tagihan kartu kredit, akan tercetak tanggal tagihan serta tanggal jatuh tempo.
5.        
6.       Tanggal penagihan atau tanggal cetak tagihan adalah tanggal semua transaksi dan saldo terhutang lainnya ditagih. Tanggal pencetakan dokumen ini jatuh pada tanggal yang sama setiap bulannya.
7.       Sementara, tanggal jatuh tempo adalah batas akhir pembayaran  tagihan kartu kredit Anda.  Biasanya, tanggal jatuh tempo ini adalah 15 hingga 20 hari setelah tanggal cetak.
8.       Misalnya saja, tanggal cetak tagihan kartu Anda adalah tanggal 6 Maret, maka tanggal jatuh tempo Anda adalah tanggal 26 Maret (bila jangka waktu jatuh tempo Anda adalah 20 hari). Berarti ketika Anda menggunakan kartu kredit sebelum tanggal 6 Maret, Anda memiliki waktu 20 hari, yakni hingga tanggal 26 Maret untuk melunasi tagihan ini.
9.       Namun, jangka waktu jatuh tempo pembayaran kartu ini bisa melebihi 20 hari, bahkan mencapai 45 hari lebih. Misalnya saja, Anda melakukan transaksi pada tanggal 7 Maret, maka transaksi ini akan tercatat pada tagihan untuk bulan April. Artinya transaksi setelah tanggal 6 Maret, dapat Anda bayarkan sebelum tanggal 26 April atau sekitar 47 hari. 
10.   Ingat untuk tagihan Anda sebelum tanggal jatuh tempo, meskipun Anda belum menerima lembar tagihan kartu plastik ini.  Sehingga Anda terhindar dari denda keterlambatan yang dibebankannya oleh bank penerbit kartu.
Sumber: http://www.carikredit.com/berita/detail/26/02/2014/2043/pahami-cara-kerja-pembayaran-kartu-kredit/#.VCFNnBb3S0I
2. BitCoin adalah sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online. Jika ditanya bagaimanakah bentuk mata uang ini, yang jelas bentuknya bukan seperti mata uang fisik yang dikeluarkan oleh sebuah bank dan bukan pula mata uang dari sebuah negara. Bentuk dari mata uang unik ini adalah hanya sebuah file layaknya file-file umum biasa.
File tersebut merupakan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya tak sama satu dengan yang lain. Dan seperti file mp3 atau word yang Anda miliki di perangkat komputer Anda, file BitCoin juga dapat disimpan dalam komputer atau sebuah flash disk atau software yang dinamakan BitCoin Digital Wallet. Selain itu BitCoin juga dapat di simpan di jasa penyimpanan BitCoin di Internet yang berbentuk layaknya sosial cloud.
Menurut beberapa sumber, sejarah dari lahirnya BitCoin berawal pada tahun 2007. Seorang ahli komputer mencoba mengembangkan sistem mata uang virtual model baru yang sama sekali tidak terikat oleh pihak atau otoritas manapun. Orang itu bernama Satoshi Nakamoto. Pria asal jepang tersebut mengaku mengembangkan BitCoin selama 2 tahun dan mulai melepasnya di dunia internet pada tahun 2009 dan akhirnya menyebar hingga saat ini.

Kelebihan dari BitCoin sebagai alat pembayaran adalah sifatnya yang simple dan ringkas. BitCoin merupakan alat transaksi orang per orang dan hanya orang yang memegangnya yang bisa menggunakannya. Selain itu dalam menggunakannya pun, kita tidak perlu menyertakan informasi pribadinya seperti pada mata uang bank atau akun transaksi online lain. Hal ini tentunya memberikan keamanan informasi dari sang pemilik.
Yang menjadi kerugian dari pemakaian BitCoin adalah karena bentuknya yang hanya berupa file, memungkinkan BitCoin menjadi rusak/ hilang/ terhapus jika terjadi sesuatu dengan perangkat tempat kita menyimpan BitCoin tersebut. Dan kelemahan terbesarnya adalah karena BitCoin merupakan sebuah alat transaksi yang hadir karena ada kemauan dan kepercayaan dari para penggunaya. Hal ini memungkinkan suatu saat BitCoin bisa benar-benar tidak bernilai karena sudah tidak ada yang mau menggunakan mata uang tersebut.

Pendapat saya tentang adanya bitcoin ini sangat setuju. Karena dengan adanya Bitcoin kita semakin mudah untuk melakukan transaksi melalui internet.
Efek terhadap perekonomian:
Positif:
-          Perekonomian di dunia semakin maju
-          Memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi
-          Nilai kursnya tidak dikendalikan oleh bank nasional atau badan negara lainnya.
-          Saat transaksi sehingga tidak diperlukan biaya atau ongkos apapun
Negatif:
-          Adanya penipuan melalui transaksi Bitcoin
-          Tidak akan mendapat bunga dalam bentuk apapun karena BitCoin adalah uang tunai yang kitasimpan sendiri
-          Tidak adanya pemerintahan atau perbankan yang dapat mendukungnya. Secara sederhana, BitCoin bisa tidak bernilai di kemudian hari
-          Adanya kemungkinan hilang atau dicuri melalui malware atau virus


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

.
Diberdayakan oleh Blogger.